3/04/2009

SuNaT RASuL


pernah dengar sunat rasulkan????
bagi kaum muslim pasti gk asing lagi di telingganya,
sunat adalah satu yang membedakan umat islam dengan umat lainnya(non-islam)
sekarang sudah sunatkah anda??????
upzzzzz!!!!!!!
jwbnya dlam hati ya.....maslahnya ni maslah sensitifitas,,,(kwkwkkwwkwkw)

Sunat rasul disebut juga dengan khitan, artinya memotong kulit yang menutupi kepala penis. Menurut ahli medis, khitan (sirkumsisi) adalah tindakan pembuangan dari sebagian kulup (prepusium) penis dengan tujuan tertentu. Dengan demikian, jelas bahwa khitan dilakukan pada laki-laki tanpa ada batasan waktu.

Dalam tradisi masyarakat Melayu(kuantan singingi) biasanya khitan ini dilakukan pada anak laki-laki yang berumur antara 10-12 tahun. Bila sudah memasuki umur tersebut, orang tuanya akan menetapkan hari kenduri yang dikenal dengan “barolek godang(kenduri besar)”. Pihak keluarga, teman dekat dan para tetangga diundang untuk menghadiri acara “barolek gadang” tersebut.

Saat ini, upacara khitan ini sudah jarang dilaksanakan, terutama di daerah perkotaan. Upacara berkhitan hanya bisa ditemukan di daerah pedesaan dengan kenduri yang cukup meriah.apa lagi kalau sempat yang disunat itu adalah anak semata wayang atau dari keluarga yang berkecukupan.
Ketika hari pelaksanaan upacara berkhitan sudah ditetapkan, maka pihak keluarga mengundang para tetangga dan kerabat. Pihak keluarga juga mengundang orang-orang yang jauh dengan mengirimkan undangan kepada mereka.

Pada hari yang sudah ditentukan, anak laki-laki yang akan dikhitan dimandikan dan diandam. Setelah itu ia memakai pakaian pengantin dan di bawa keliling kampong(pawai) Setelah pawai selesai,anak tersebut memasuki ruangan yang sudah disediakan, lalu duduk di atas kursi untuk sesaat, kemudian duduk bersila di atas tikar yang telah disediakan, menghadap ke arah para tamu yang terhormat. Anak laki-laki tersebut membaca surah-surah akhir dari al-Quran, baik dengan cara dilagukan ataupun dengan nada biasa saja.

Setelah anak selesai di sunat, biasanya banyak sekali pantangan yang harus ditaati, supaya si anak lekas sembuh. Seperti tidak bolah makan telur, ayam, daging, dllnya. dan hanya di suguhkan dengan makanan ikan teri aja,
gimana mw sembuh coba????
tapi itu kata paratetua kita zaman dahulu lo??? ntar kalau gk di dengarin kualt lagi..kwkwkwk

11 komentar:

Marsuyadi mengatakan...

tambah wawasan nie, awas kena uu pornagrafi he he. piss

Regie blog's mengatakan...

mmmm....bukan pornografi aja.......bakal ada gugatan dari komnas perlindungan anak ni..heheheh

Sang Penyamun mengatakan...

kalo yang cewe sunat nya gimana tuh.. ada pic nya gak.. hahahahaa...

Putra Riau mengatakan...

Deng..

Hobby nulus juga buk...

NanLimo mengatakan...

hm... ada yg kliatan tu....ayo..... liatin terus yah.....
wakakakaks,,,,,,,,

taufikasmara mengatakan...

@ Sang Penyamun... Hmmmm... Bapak satu ini... No comment deh.
@Regie... Keren tulisannya... Jago nulis juga ibu ini

IjoPunkJutee mengatakan...

Dalem ati " Aku sudah sunat, siapa gak percaya boleh buktikan...!!!" Ups ntar ada yang pengen lagi..Untung aku ngomongnya dalem hati..he..he...kagak ada yang denger...!!!

btw, ada AWARD (PR) untuk Regie neh....Diambil 'n dikerjain ya...?

dhie mengatakan...

Sunat????

Kayaknya pernah dech. hehehe.....

guswid mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
ahmad j mengatakan...

hei... pHoto YANG pLING aTS itu bahaya loe..klw dliat orang ataw d artikelkan

Adri Deyaka mengatakan...

thank gan

Posting Komentar

 
Minima 4 coloum Blogger Template by Beloon-Online.
Original Minima Template by Douglas Bowman